Sari
Penulisan ini dilatar belakangi oleh pemberian fasilitas kredit yang dilakukan oleh PT Bank SULUTGO Cabang Tahuna yang dimana dalam penyalurannya terdapat kredit yang mengalami kemacetan. Rumusan masalah dalam KTI ini adalah apakah kredit macet berpengaruh terhadap profitabilitas di PT Bank SULUTGO Cabang Tahuna ? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kredit macet terhadap profitabilitas di PT Bank SULUTGO Cabang Tahuna. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koefisien Regrasi nilai kosntanta a = -392 dan nilai b = 7,57 sehingga persamaan regresi kedua variabel X dan variabel Y dapat dikatakan tidak searah atau tidak signifikan dikarenakan hasilnya ada yang bernilai negatif maka artinya kredit macet mempunyai hubungan yang tidak searah dengan profitabilitas. Koefisien Korelasi nilai r = 0,73 menunjukan kuat antara kredit macet dan profitabilitas, karena nilai 0,73 berada di antara 0,60 – 0,799. Koefisien Determinasi berdasarkan hasil yang diperoleh kredit macet memiliki hubungan yang kuat dengan profitabilitas dengan nilai koefisien r2 = 0,54 atau 54%. Nilai uji t yang diperoleh t hitung = 0,007738229 dan nilai t tabel = 2,446911846 dapat dirumuskan bahwa t hitung < t tabel, sehingga hipotesis yang diterima yaitu kredit macet tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas
Kata Kunci
Kredit Macet, Profitabilitas; Bank SULUTGO; Tahuna
Referensi
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1).
Daryanto, I. S. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Octavia, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK INDEX LAMPUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Sumarwan, U., Hartoyo, Kirbrandoko, Najib, M., Suroso, A. I., & Johan, I. R. (2015). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. In Kampus IPB Taman Kencana.
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2017). Pemasaran Strategik, Edisi Satu. In Penerbit Andi. Yogyakarta.