PENGARUH STOK GUDANG TERHADAP OMSET PENJUALAN DI PT PANCARAN BERKAT MULIA TAHUNA

Jumeidi Lisca Mangamba, Arif. I. Janis, Alvin. I. Sentinuwo

Sari


Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh perusahaan  yang  bergerak  dibidang  perekonomian  yaitu  sebagai  perusahaan  pendistribusian  barang  atau  distributor. PT Pancaran  Berkat  Mulia  Tahuna  adalah  distributor  yang  mendistribusikan  produk  Unilever.  Dimana  persediaan  barang  adalah  kegiatan  utama  dalam  mencapai  omset  penjualan  yang  maksimal. Rumusan  masalah  dalam  KTI  ini  adalah Bagaimana  pengaruh stok  gudang  terhadap  omset  penjualan  di  PT Pancaran  Berkat Mulia  Tahuna? Tujuan  penelitian  Untuk  mengetahui  pengaruh  stok  gudang  terhadap  omset  penjualan  di  PT Pancaran  Berkat  Mulia  Tahuna. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  Koefisien  Regresi  nilai  konstanta a = 1019514478 dan nilai b = 0,08560938 sehingga persamaan regresi kedua variabel X dan variabel Y dapat dikatakan searah atau signifikan artinya stok gudang mempunyai hubungan searah dengan omset penjualan. Koefisien Korelasi nilai R2 = 0,87185458 menunjukkan sangat kuat antara stok gudang dan omset penjualan, karena  nilai  0,87 berada di antara 0,80 – 1,000. Koefisien  Determinasi berdasarkan  hasil diatas stok gudang memiliki hubungan yang sangat kuat dengan omset penjualan dengan nilai koefisien r = 0,93 dan r2 = 0,87. Nilai t uji yang diperoleh t hitung = 13,79554361 dan nilai t tabel = 2,776445105 dapat dirumuskan bahwa t hitung > t tabel, sehingga hipotesis dari kedua tabel Stok Gudang dengan Omset Penjualan maka Stok Gudang memiliki pengaruh terhadap Omset Penjualan.

Kata Kunci


Stok Gudang; Omset Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alie, M. S., & Kurniati, N. S. (2018). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Perusahaan Otomotif Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Jurnal ekonomi, 20(3), 336-347.

Mufidah, R. A., Budiraharjo, K., & Sumarjono, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap Volume Penjualan Beras Premium Perum Bulog Sub Divisi Regional Wilayah V Kedu. Mediagro, 14(2).

Noor, M. (2017). Strategi meningkatkan omset penjualan dagangan melalui praktik cuci gudang perspektif marketing syariah (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

SAPUTRI, F. N. D. (2020). PENGARUH BEBAN PROMOSI DAN BEBAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. SANKI UTAMA DI SURABAYA (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).

Sriatun, S. (2004). PENGARUH MERK DAN KEMASAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN MINUMAN PADA PT. BINASARANA JAYAMURNI (DISTRIBUTOR) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Supriadi, Y., & Syahidah, H. (2018). Analisis Pengaruh Kebijakan Investasi, Pertumbuhan Penjualan Dan Efisiensi Biaya Operasi Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 65-75.

SUWELEH, H. A. (2014). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Truk Fuso FN 527 HL Pada PT. Bosowa Berlian Motor Di Kota Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Wahyudi, R. (2015). Analisis pengendalian persediaan barang berdasarkan metode eoq di Toko Era Baru Samarinda. Ejournal Ilmu Admistrasi Bisnis, 2(1), 162-173.

Wigati, R., Azis Fathoni, S. E., Amboningtyas, D., & MM, S. (2018). THE INFLUENCE OF SALES VOLUME, INTEREST RATE AND STOCK PRICES TOWARDS STOCK RETURNS. Journal of Management, 4(4).

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.