ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KAB. KEPULAUAN SANGIHE
Sari
Latar belakang penulisan ini dimana PDAM( Perusahaan Daerah Air Minum) merupakan perusahaan milik pemerintah daerah yang menyelenggarakan kegiatan usaha air bersih dalam kegiatannya, PDAM berorientasi pada keuntungan dengan tetap memperhatikan prinsip sosial bagi kepentigan masyarakat umum dan kelestarian lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kab.Kepulauan Sangihe di Kota Tahuna ?”, sehingga tujuan penelitian adalah ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe Di Kota Tahuna. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada KEPMENPAN Nomor KEP/25/M.PAN/2004, maka di peroleh angka indeks sebesar 75,25 yang berada pada interval 62,51- 81,25, sehingga bahwa kinerja pelayanan di PDAM Kabupaten Kepulauan sangihe pada tahun 2021 secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil peneliian tersebut maka di sarankan agar PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe hendaknya terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang sebaik-baiknya.
Kata Kunci
Indeks Kepuasan Masayarakat, Pelayanan, PDAM
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kotler, P & Keller, K.L. (1997). Manajemen Pemasaran. Jilid I. 12th Ed. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Tjiptono, Fandy, (2005). Pemasaran Jasa, indikator kepuasan pelanggan. Malang: Bayumedia Publishing.
Lupiyoadi, (2001), Manajemen pemasaran jasa teori dan praktik. Jakarta: Salemba empat.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.